Standar Prosedur Pengiriman

Standar pengiriman menggunakan
Pada saat Pengirim menyerahkan kiriman ke Pahala Express dan telah membubuhkan tandatangan pada resi bukti pengiriman (Connote), maka Pengirim dianggap telah mengetahui dan menyetujui PSP Pahala Express sebagaimana tersebut dibawah ini, yaitu sbb:

1. Tata Cara Pengiriman

  1. Pahala Express berhak menolak permintaan pengiriman dokumen atau paket tertentu dari perorangan ataupun perusahaan berdasarkan ketentuan Pahala Express.
  2. Pahala Express berhak mengirim dokumen atau paket milik Pengirim sesuai dengan prosedur pengiriman, pergudangan dan penggunaan jenis transportasi yang tepat dan baik menurut ketentuan Pahala Express.
  3. Pengemasan/pembungkusan (packaging) dokumen atau paket yang akan dikirim merupakan tanggungjawab Pengirim, termasuk penempatan dokumen atau paket ke dalam kemasan/pembungkus.
  4. Pahala Express tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan dokumen atau paket yang diakibatkan ketidaksempurnaan pengemasan (packaging) oleh Pengirim
  5. Pengirim merupakan pemilik barang yang sah atau pihak yang bertanggungjawab atas barang yang dikirimkan.
  6. Pengirim wajib mencantumkan alamat lengkap tujuan pengiriman dan isi kiriman barang atau dokumen agar pengantaran dapat dilakukan dengan tepat.
  7. Pahala Express tidak bertanggungjawab atas keterlambatan, kehilangan, kerusakan dan biaya-biaya yang timbul atas kelalaian dan kesalahan Pengirim.

2. Pemeriksaan Barang Kiriman
  1. Pahala Express tidak menjamin atau menyatakan bahwa seluruh kiriman adalah layak untuk pengangkutan dan pengantaran tanpa melanggar hukum di semua kota asal, tujuan atau rute yang dilalui oleh kiriman tersebut.
  2. Pahala Express tidak bertanggungjawab terhadap kiriman yang isinya tidak sesuai dengan keterangan yang diberikan oleh Pengirim.
  3. Pahala Express tidak bertanggung jawab terhadap kiriman yang isinya tidak sesuai dengan keterangan yang diberikan Pengirim kepada Pahala Express.
  4. Pahala Express tidak bertanggung jawab atas denda, kehilangan atau kerusakan selama barang kiriman berada dalam penahanan Bea dan Cukai atau Pejabat berwenang lainnya. Dalam hal ini Pengirim membebaskan Pahala Express dari keharusan bertanggung jawab atas denda atau kerugian tersebut.

3. Larangan Kiriman
  1. Pahala Express tidak menerima pengiriman barang berbahaya, beracun, zat kimia atau cairan yang mudah meledak atau terbakar, kecuali dikemas dengan baik dan benar dengan melampirkan MSDS, senjata, obat-obatan terlarang (narkotika, ganja, morpin dan sejenisnya), minuman beralkohol, emas dan perak, mata uang, cyanida, perhiasan berharga, batu-batu mulia (batu permata, emas, batu akik dan sejenisnya), surat asli, polis asuransi, warkat pos, kartu pos, perangko, cek tunai, money order, atau traveller's check, giro, obligasi, saham, perjanjian kontrak, proposal tender, barang antik, binatang/tanaman hidup yang tidak dilengkapi dengan dokumen resmi dari pihak yang berwenang untuk keperluan pengiriman. Pahala Express juga tidak menerima pengiriman barang cetakan atau rekaman yang isinya melanggar norma kesusilaan serta mengganggu ketertiban dan keamanan, peralatan judi/tiket lotere, atau barang-barang lain yang dikategorikan sebagai barang larangan dan dalam pengawasan pemerintah.
  2. Apabila Pengirim mengirimkan barang-barang tersebut di atas tanpa sepengetahuan Pahala Express, maka Pengirim membebaskan Pahala Express dari seluruh klaim atas kerusakan maupun kehilangan ataupun dari tuntutan hukum dari pihak manapun terhadap kondisi ini termasuk dalam menjalankan hak yang diatur dalam poin nomor 2 (a).
  3. Pahala Express berhak untuk mengambil langkah-langkah yang dianggap perlu jika diketahui adanya pelanggaran terhadap kondisi ini termasuk untuk menjalankan hak yang diatur dalam poin nomor 2 (a).

4. Ganti Rugi
  1. Pahala Express hanya bertanggungjawab untuk mengganti kerugian yang dialami Pengirim akibat kerusakan atau kehilangan dari pengiriman dokumen atau paket oleh Pahala Express sepanjang kerugian tersebut terjadi ketika kiriman masih berada dalam pengawasan Pahala Express, dengan catatan bahwa kerusakan tersebut semata-mata disebabkan karena akibat kelalaian karyawan atau agen Pahala Express.
  2. Pahala Express tidak bertanggungjawab terhadap kerugian dari konsekuensi yang timbul akibat kejadian tersebut diatas seperti kerugian komersial/keuangan atau kerugian tidak langsung lainnya, termasuk kerugian material dan immaterial yang terjadi dalam pengangkutan atau pengantaran yang disebabkan oleh hal-hal yang diluar kemampuan kontrol Pahala Express atau kerugian atas kerusakan akibat bencana alam atau Force Majeure.
  3. Nilai pertanggungjawaban Pahala Express sesuai syarat dan kondisi pada poin 4 (a) diatas adalah dalam bentuk ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan senilai 10x biaya kirim atau maksimal Rp 750.000,- per kiriman (berlaku untuk kiriman ke tujuan dalam dan luar negeri). Penentuan nilai pertanggungjawaban Pahala Express ditetapkan dengan mempertimbangkan nilai dokumen atau barang penggantinya pada waktu dan tempat pengiriman, tanpa menghubungkannya dengan nilai komersil dan kerugian konsekuensi seperti yang diatur dalam point 4 (b) diatas.
  4. Pahala Express tidak bertanggung jawab untuk hal-hal sebagai berikut:
    1. Semua resiko teknik apapun yang terjadi pada dokumen atau paket kiriman selama pengangkutan, misal: kiriman tidak berfungsi atau berubah fungsinya. Hal ini berlaku untuk barang-barang seperti mesin dan sejenisnya, termasuk barang-barang elektronik seperti : TV, radio atau tape, computer, disket/flashdisk, AC, kulkas, video, mesin cuci, dan barang-barang elektronik jenis lainnya.
    2. Kebocoran, kerusakan dan matinya jenis kiriman seperti : barang cetakan, barang pecah belah/keramik/barang yang terbuat dari kaca, makanan, buah-buahan & sayuran, binatang & tanaman hidup.
    3. Kiriman lebih dari dari 3 (tiga) hari yang seharusnya diambil sendiri di kantor Pahala Express dan jika lebih dari 12 (dua belas) hari maka kiriman akan di musnahkan/dihancurkan.
  5. Untuk barang yang nilainya tinggi/mahal wajib diasuransikan untuk melindungi dari segala resiko pengiriman dan premi asuransi dibayar oleh Pengirim sebesar 0.20% x nilai barang. Jika terjadi klaim maka ganti rugi akan diproses & diselesaikan menurut ketentuan yang berlaku sesuai dengan kontrak Polis Asuransi Pengiriman rekanan Pahala Express.

5. Tata Cara Klaim
  1. Pengajuan klaim atas barang kiriman tidak dapat dilayani apabila barang telah diterima (resi telah ditandatangani).
  2. Pengajuan klaim ditujukan ke Kantor Cabang Pahala Express secara tertulis.
  3. Pengajuan Klaim harus melampirkan berkas pendukung klaim antara lain : Surat Penyataan Klaim, Bukti Pengiriman Asli (Connote) Pahala Express, Fotocopy KTP, Nota/Faktur Asli, Surat Permohonan Penutupan Asuransi (bila diasuransikan) & foto bukti kiriman yang rusak. Berkas pendukung klaim ini sudah harus diterima di Kantor Pusat Pahala Express maksimal 15 hari kalender terhitung sejak tanggal pengajuan klaim.

Paket Pengiriman Yang Dilarang

Kirim lah paketmu sesuai dengan tujuanmu, terkecuali beberapa barang yang tidak dapat kami kirim, melalui darat atau pun udara, di antara nya:

  • Hewan Dan Tanaman
  • Alkohol dan minuman keras lainnya
  • Surat Wakat / Kartu Pos
  • Barang yang dapat meledak
  • Narkotika dan obat terlarang
  • Senjata api, pistol atau petasan
  • Cetakan atau benda yang mengandung unsur pornografi
  • Perhiasan dan batu berharga, filateli dan uang tunai
  • Cetakan dan remakan yang mengganggu keamanan dan ketertiban serta stabilitas nasional
  • Perlengkapan dan peralatan judi