Istilah & Kondisi


PERSYARATAN STANDAR PENGIRIMAN  (PSP) PAHALA EXPRESS

Pada saat Pengirim menyerahkan barang atau dokumen untuk dikirim menggunakan jasa pengiriman Pahala Express sebagaimana di bawah ini, maka Pengirim dianggap telah mengetahui dan menyetujui PSP Pahala Express dengan membubuhkan tanda tangan pada bukti pengiriman ini.

1.   Tata Cara Pengiriman

  1. Pahala Express bukan perusahaan angkutan umum dan hanya akan melayani jasa pengiriman dokumen atau barang sesuai syarat dan kondisi PSP ini. Pahala Express berhak menolak permintaan pengiriman dokumen atau barang tertentu dari perorangan, ataupun perusahaan berdasarkan kebijakan Pahala Express sendiri.
  2. Pahala Express berhak mengirim dokumen atau barang milik Pengirim sesuai dengan prosedur pengiriman/pengangkutan, penanganan barang, pergudangan, dan penggunaan jenis transportasi yang tepat dan baik menurut kebijakan Pahala Express.
  3. Pengemasan/Pembungkusan dokumen atau barang yang akan dikirim merupakan tanggung jawab Pengirim, termasuk penempatan dokumen atau barang ke dalam kemasan/pembungkus yang dapat disediakan oleh Pahala Express.
  4. Pahala Express tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan dokumen atau barang yang diakibatkan ketidaksempurnaan pengemasan oleh Pengirim.
  5. Pengirim merupakan pemilik barang yang sah atau pihak yang bertanggung jawab atas barang yang dikirimkan
  6. Pengirim wajib mencantumkan alamat lengkap tujuan pengiriman dan isi kiriman barang atau dokumen agar pengantaran dapat dilakukan dengan tepat.
  7. Pahala Express tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kehilangan, kerusakan dan biaya-biaya yang timbul atas kelalaian dan kesalahan Pengirim dalam memenuhi kewajiban-kewajiban tersebut di atas.

2.  Pemeriksaan Barang Kiriman

  1. Pahala Express berhak memeriksa paket atau dokumen yang dikirim untuk memastikan barang yang dikirimkan layak angkut sesuai persyaratan dan prosedur operasional pengiriman, proses Bea dan Cukai, serta metode penanganan pengiriman Pahala Express.
  2. Pahala Express dalam memberikan jasa pelayanan pengiriman tidak menjamin atau menyatakan bahwa seluruh kiriman adalah layak untuk pengangkutan dan pengantaran tanpa melanggar hukum di semua kota asal, tujuan atau yang dilalui kiriman tersebut.
  3. Pahala Express tidak bertanggung jawab terhadap kiriman yang isinya tidak sesuai dengan keterangan yang diberikan Pengirim kepada Pahala Express.
  4. Pahala Express tidak bertanggung jawab atas denda, kehilangan atau kerusakan selama barang kiriman berada dalam penahanan Bea dan Cukai atau Pejabat berwenang lainnya. Dalam hal ini Pengirim membebaskan Pahala Express dari keharusan bertanggung jawab atas denda atau kerugian tersebut.

3.  Larangan Kiriman.

  1. Pahala Express tidak menerima pengiriman barang berbahaya, beracun, zat kimia atau cairan yang mudah meledak atau terbakar, kecuali dikemas dengan baik dan benar dengan melampirkan MSDS, senjata, obat-obatan terlarang (narkotika, ganja, morpin dan sejenisnya), minuman beralkohol, emas dan perak, mata uang, cyanida, perhiasan berharga, batu-batu mulia (batu permata, emas, batu akik dan sejenisnya), surat asli, polis asuransi, warkat pos, kartu pos, perangko, cek tunai, voucher (belanja, pulsa, dan sejenisnya), money order, atau traveller's check, giro, obligasi, saham, perjanjian kontrak, proposal tender, barang antik, binatang/tanaman hidup yang tidak dilengkapi dengan dokumen resmi dari pihak yang berwenang untuk keperluan pengiriman. Pahala Express juga tidak menerima pengiriman barang cetakan atau rekaman yang isinya melanggar norma kesusilaan serta mengganggu ketertiban dan keamanan, peralatan judi/tiket lotere, atau barang-barang lain yang dikategorikan sebagai barang larangan dan dalam pengawasan pemerintah.
  2. Apabila Pengirim mengirimkan barang-barang tersebut di atas tanpa sepengetahuan Pahala Express, maka Pengirim membebaskan Pahala Express dari seluruh klaim atas kerusakan maupun kehilangan ataupun dari tuntutan hukum dari pihak manapun terhadap kondisi ini termasuk dalam menjalankan hak yang diatur dalam poin 2 (a).
  3. Pahala Express berhak untuk mengambil langkah-langkah yang dianggap perlu jika diketahui adanya pelanggaran terhadap kondisi ini termasuk untuk menjalankan hak yang diatur dalam poin 2 (a).

4.   Ganti Rugi

  1. Pahala Express hanya bertanggung jawab untuk mengganti kerugian yang dialami Shipper akibat kerusakan atau kehilangan dari pengiriman dokumen atau barang oleh Pahala Express sepanjang kerugian tersebut terjadi ketika barang atau dokumen masih berada dalam pengawasan Pahala Express, dengan catatan bahwa kerusakan tersebut semata-mata disebabkan karena kelalaian karyawan atau agen Pahala Express.
  2. Pahala Express tidak bertanggung jawab terhadap Kerugian Konsekuensi yang timbul akibat dari kejadian tersebut di atas, yaitu kerugian yang termasuk dan tanpa dibatasi atas kerugian komersil, keuangan atau kerugian tidak langsung lainnya termasuk kerugian material dan immaterial yang terjadi dalam pengangkutan atau pengantaran yang disebabkan oleh hal-hal yang diluar kemampuan kontrol Pahala Express atau kerugian atas kerusakan akibat bencana alam atau Force Majeure.
  3. Nilai pertanggung jawaban Pahala Express sesuai syarat dan kondisi pada poin 4 (a) diatas adalah dalam bentuk ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan dokumen atau barang yang nilainya hanya 10 kali biaya kirim dengan maksimal Rp. 750.000,- untuk kiriman tujuan dalam negeri dan Rp. 1.000.000,- untuk kiriman tujuan luar negeri, per kiriman. Penentuan nilai pertanggung jawaban Pahala Express ditetapkan dengan mempertimbangkan nilai dokumen atau barang penggantinya pada waktu dan tempat pengiriman, tanpa menghubungkannya dengan nilai komersil dan kerugian konsekuensi seperti yang diatur dalam poin 4 (b) diatas.
  4. Pahala Express tidak bertanggung jawab untuk hal-hal sebagai berikut:
  • Semua resiko teknik apapun yang terjadi pada dokumen atau barang kiriman selama pengangkutan dan pengiriman yang menyebabkan barang yang   dikirim tidak berfungsi atau berubah fungsinya. Hal ini berlaku untuk barang-barang seperti mesin atau sejenisnya termasuk barang-barang elektronik seperti : TV, radio tape, komputer, disket/flashdisk, AC, kulkas, video, mesin cuci, dan barang-barang elektronik sejenis lainnya.
  • Kebocoran, kerusakan dan matinya jenis TITIPAN seperti : barang cair, barang pecah belah/keramik/barang yang terbuat dari gelas, cetakan, makanan, buah-buahan/sayuran, binatang/tanaman hidup.
  • Jika kehilangan atau kerusakan dokumen atau barang kiriman yang diambil sendiri di kantor Pahala Express lebih dari 3 (tiga) hari dan dengan sendirinya akan di destroy/dihancurkan jika lebih dari 12 (dua belas) hari.
  1. Untuk barang yang nilainya tinggi/mahal wajib diasuransikan dan Premi Asuransi dibayar pengirim. Penggantian kerugian diselesaikan sesuai dengan Polis Kontrak Asuransi Pengiriman rekanan dari Pahala Express

5.   Tata Cara Klaim

  1. Pengaduan keluhan atas barang kiriman tidak dapat dilayani apabila lebih dari 1 X 24 jam sesudah barang diterima
  2. Pengajuan klaim hanya dapat diajukan jika poin 5 (a) terpenuhi. Pengajuan ditujukan ke Kantor Pahala Express secara tertulis dan sudah harus diterima di Kantor Pahala Express dalam batas waktu 15 hari kerja terhitung dari tanggal dokumen atau barang tersebut diterima di tujuan.
  3. Pengajuan Klaim dilakukan dengan melampirkan dokumen-dokumen pendukung seperti : Bukti pengiriman Asli dari Pahala Express, Surat permohonan penutupan Asuransi (Bila diasuransikan)